Senin, 15 Mei 2023

Tanah Tercemar

 Tahukah Anda tentang Pengertian dan Ciri Tanah Tercemar? Tanah adalah salah satu unsur penting di dalam kehidupan kita sehari-hari.

Pengertian dan Ciri Tanah Tercemar
Pengertian dan Ciri Tanah Tercemar

Di mana dalam membangun dan mendirikan rumah kita perlu tanah. Selain itu tanah  itu sendiri juga berguna dan berfungsi untuk melakukan cocok tanam yang berguna untuk menanam aneka macam jenis tumbuhan yang biasa kita makan.

Di mana tentu saja kita sudah tahu bahwa di dalam kehidupan kita tanah itu sangat penting. Namun pernahkah kita ingin tahu dan penasaran dengan apa sih sebenarnya tanah itu?

Mungkin saja beberapa orang yang tiap hari melakukan pekerjaan yang akrab dengan tanah tentu saja sudah tidak asing lagi dengan pengertian tanah.

Namun di sini rupanya walaupun sudah banyak orang yang sudah  tahu apa itu tanah namun tidak tahu secara mendalam apa sih tanah itu.

Nah maka dari itu untuk menjawab rasa penasaran anda semua maka di bawah ini kami akan memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk anda semua mengenai apa yang dimaksud dengan tanah.

Pengertian tanah

Tanah merupakan bagian dari bumi yang di dalamnya kaya akan kandungan mineral serta aneka macam jenis kandungan bahan mineral dan aneka macam jenis unsur hara yang biasa dibutuhkan oleh tanaman atau tumbuhan yang ditanam dengan menggunakan tanah tersebut.

Di jaman yang serba modern seperti sekarang ini kita tahu bahwa ada banyak sekali kerusakan alam atau yang biasa dikenal dengan nama pencemaran.

Di mana kita tahu bahwa ada banyak sekali jenis pencemaran. Adapun jenis pencemaran itu dibagi menjadi pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran suara dan juga pencemaran cahaya.

Di mana masing-masing pencemaran yang terjadi di sekitar itu tentu saja mempunyai pengertian, penyebab, dan juga ciri-ciri yang berbeda-beda.

Demikian juga di sini dengan tanah yang tercemar. Lalu apa sih pengertian dari tanah yang tercemar itu?

Dan apa sih ciri dari tanah yang tercemar itu?

Maka dari itu di bawah ini kami akan memberikan informasi untuk anda semua mengenai pengertian dan juga ciri-ciri dari tanah yang tercemar. Penasaran? Yuk kita baca bersama penjelasan yang ada di bawah ini.

Pengertian tanah tercemar

Pengertian tanah tercemar adalah kondisi tanah yang terdapat aneka macam jenis zat kimia.

Yang di mana bila hal itu dibiarkan begitu saja dalam waktu  yang lama akan merusak aneka macam jenis kandungan yang terdapat dalam tanah.

Termasuk juga di sini memberikan dampak yang negatif dan berbahaya bagi makhluk hidup  lain seperti hewan, tumbuhan serta manusia.

Ciri tanah tercemar

Setiap polusi atau juga pencemaran yang terjadi baik itu pencemaran: air, udara, suara, cahaya tentu saja di sini mempunyai ciri-ciri yang berbeda-beda.

Nah begitu pula di sini dengan pencemaran tanah itu juga mempunyai ciri-ciri tertentu yang membedakan dengan pencemaran lain. Lalu apa saja sih ciri dari tanah yang tercemar itu?

1. Tingkat keasaman tanah yang tinggi

Setiap jenis tanah tentu saja mempunyai tingkat keasaman yang berbeda-beda.

Di mana pada jika  tanah yang mempunyai tingkat keasaman tinggi itu cenderung tidak bisa dipakai untuk media tanam bagi tumbuhan sekaligus juga bagi hewan dan juga manusia.

Karena tingkat keasaman yang tinggi pada tanah justru akan merusak tanaman yang ditanam pada media tanah itu.

2. Kandungan mineral yang ada pada tanah semakin berkurang

Kita semua tahu bahwa pada masing-masing tanah itu kaya akan kandungan mineral di dalamnya.

Di mana pada kandungan mineral itu sangat berguna untuk proses tumbuh dan berkembangnya tanaman yang ditanam dengan menggunakan media itu.

Adapun di sini yang merupakan kandungan mineral yang terdapat pada tanah yaitu adalah  C-organik, fosfor, kalium, kalsium, magnesium, nitrogen, dan oksigen.

Sedangkan pada tanah yang mengalami pencemaran itu banyak mengalami pengurangan kandungan yang ada pada tanah.

Sebab pada tanah yang tercemar itu terdapat banyak sekali zat kimia akibat dari barang-barang berbahaya yang berbahaya yang dibuang ke tanah sehingga merusak komposisi kandungan yang mineral yang ada pada tanah.

Tak hanya bisa berbahaya bagi tanaman itu sendiri namun juga bisa berbahaya bagi manusia dan juga hewan.

3. Tanah yang terkontaminasi oleh plastik tidak bisa diuraikan

Sebagian besar tanah yang mengalami pencemaran itu disebabkan oleh adanya plastik yang ada pada tanah.

Di mana kita tahu bahwa plastik itu adalah salah satu jenis bahan yang tidak bisa diuraikan karena mengandung banyak sekali  bahan kimia.

Di mana bila tanah itu mengalami bahan kimia yang disebabkan oleh plastik maka kandungan yang ada pada tanah itu semakin lama makin rusak.

Selain itu tak hanya bisa merusak tanah itu sendiri namun juga mengganggu sistem tumbuh kembang pada tanaman yang ditanam pada media tanah itu.

4. Membunuh mikroornisme yang ada dalam tanah

Di dalam tanah yang baik dan juga sehat rupanya tak hanya kaya akan kandungan mineral saja namun rupanya di sini juga terdapat mikroorganisme yang ada di dalam tanah itu sendiri.

Di mana mikroorganisme itu bisa membantu tanah mempercepat proses pertumbuhan dan juga perkembangan pada tanaman yang ditanam pada tanah itu.

Maka pada tanah yang terkena pencemaran itu bisa mengakibatkan  matinya mikroorganisme dan juga jamur yang ada pada permukaan maupun juga di dalam tanah.

5. Hilangnya unsur hara

Dalam tanah yang sehat dan baik itu termasuk jenis tanah yang kaya akan unsur hara.

Di mana pada tanah yang sudah tercemar itu cenderung mengalami hilangnya unsur hara yang ada di dalam tanah tersebut.

Adapun unsur hara itu hilang karena banyaknya bahan kimia yang membunuh dan mematikan unsur hara yang ada dalam tanah itu sendiri.

6. Tanah menjadi kering

Bahan kimia yang ada pada tanah itu tak hanya bisa membunuh mikroorganisme, unsur hara yang ada di dalam tanah.

Namun rupanya bahan kimia itu juga bisa mengakibatkan tanah itu menjadi kering dan juga tidak bisa ditanami oleh tumbuhan.

Bila hal itu dibiarkan begitu saja maka tanaman yang ditanam itu lama-lama akan mati karena ditanam pada tanah yang kering.

7. Mengandung bau busuk

Tanah yang tercemar itu rupanya tidak hanya bisa membunuh unsur hara, mikroorganisme yang ada di dalam tanah itu sendiri.

Namun rupanya pada tanah yang tercemar itu bila tidak segera mendapatkan penanganan bisa memimbulkan bau busuk yang dikeluarkan pada tanah itu akibat matinya mikroorganisme dalam tanah.

Nah itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan untuk anda sekalian mengenai pengertian dan juga ciri-ciri pada tanah yang tercemar.

Semoga informasi yang kami bagikan tentang Pengertian dan Ciri Tanah Tercemar bisa berguna dan juga bermanfaat untuk anda sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar